Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum. Blu-ray memiliki gelombang laser yang berwarna biru-ungu dan hanya di gunakan 405 nm dan lebih pendek dibandingkan laser merah,  pada DVD dipakai 650 nm dan piringan kompak. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser yang berwarna biru-ungu dan merah.

pada setiap lapisannya Blu-ray dapat menyimpan 25 GB dibandingkan pada lapisan DVD yang hanya dapat menyimpan 4,7 GB. pabrik-pabrik  bahkan telah membuat Blu-ray satu lapis dan dua lapis  yang dapat ditulis ulang dan menyimpan sebesar 50 GB.

Blu-ray yang disingkat BD adalah sebuah format optik untuk penyimpanan media digital termasuk video. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis jenis ini.studio- studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah mengumumkan akan membuat film dengan kapitas 50 GB.Blue ray lebih pendek dari panjang gelombang laser memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak informasi pada 12 cm CD / DVD ukuran disk.

Minimum di mana sebuah laser dapat terfokus dibatasi oleh difraksi, dan bergantung pada panjang gelombang dari cahaya dan kecepatan rana numerik dari lensa yang digunakan untuk fokus itu.membuat penutup lapisan tipis agar terhindar dari efek optik yang tidak diinginkan, laser dapat difokuskan ke tempat yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan lebih banyak informasi yang akan disimpan di daerah yang sama.

langkah-langkah pembuatan CD blu ray :

1.cakram blu ray terbentuk dari butiran polikarbonat yang di kumpul menjadi satu,yang dilakukan di suatu pabrik.

2.Untuk menghindari kontaminasi debu, sebelum masuk ke bagian produksi setiap orang akan memasuki lorong bertekanan udara tinggi untuk menghilangkan debu yang mungkin terbawa dari ruangan lain.

3.setelah itu butiran polikarbonit diproses melalui pipa.

4.mesin mencetak disk dan menciptakan lapisan pertama data. Kemudian produksi disk dilanjutkan oleh lengan robot untuk langkah berikutnya
5. Disk kemudian dilapisi dengan perak dengan ketebalan 90 angstrom yang disebut proses sputtering. 1 angstrom = 1/100 jt cm.
6.Dalam pengawasan … teknisi Sony Digital Audio Disc Company (DADC) memonitor tiga mesin Blu-ray. Dalam produksi penuh, masing-masing mesin dapat membuat sampai 16.000 cakram sehari.

7. Pengecekan akan error dan kemudian dimasukan ke printer untuk membuat lapisan cover gambar pada permukaan lalu Plat master disimpan di rak untuk diproses ke printer lainnya.

8. Disk bluray yang telah diproses disusun menurut isi, cover dan pembungkusnya.

9. Mesin pengepakan bluray..dalam produksi penuh dapat mengepak 4500 disk Blu-ray per jamnya.

selamat mencoba…..



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: